Saat Hamil Makan Ikan Bakal Cetak Anak Cerdas


Simburnaikupdate – Ikan memiliki peran penting bagi kesehatan ibu hamil. Kandungan protein dan omega-3 yang ada pada ikan sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan ibu. Bila dikonsumsi secara rutin, otak akan mengalami pertumbuhan pesat pada minggu ke-20 sampai 36 usia kehamilan.

Kepala Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE pun, menjelaskan, karena ibu hamil rentan kekurangan sejumlah zat gizi, maka ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

“Berdasarkan hal tersebut, sangat dianjurkan pada ibu hamil untuk banyak mengonsumsi ikan, terutama ikan yang mengandung tinggi omega-3,” kata Tjandra Yoga seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com, Senin (15/12/2014)

Lebih lanjut Tjandra Yoga, mengatakan, menjaga kecukupan gizi dengan memberikan gizi yang baik selama 1.000 hari pertama kehidupan sangatlah penting. “Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat suatu gerakan gizi nasional sebagai gerakan Scalling Up Nutrition (SUN) berupa Gerakan Nasional Sadar Gizi,” kata dia menambahkan.

Ibu hamil harus tahu bahwa kondisi kekurangan gizi pada masa 1.000 hari pertama kehidupan, sejak masa konsepsi sampai anak berusia 2 tahun, tidak hanya berdampak jangka pendek seperti terjadinya gangguan perkembangan otak, pertumbuhan, dan metabolic programming pada kehamilan.

“Dalam jangka panjang, kekurangan gizi akan berdampak terjadinya gangguan kognitif, pertumbuhan (stunting) dan risiko menderita penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, obesitas, dan stroke,” kata dia menekankan.

Sumber : disini

Jangan lupa berikan komentar