Simbur Naik, Desa Kecil tempat lahirnya Pemimpin dan Wakil Rakyat


Simburnaikupdate – Simburnaik – Desa Simbur Naik merupakan sebuah desa kecil yang terletak dipojok kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Desa ini selalu melahirkan wakil-wakil rakyat yang berkualitas

Walaupun hanya sebuah desa kecil, tapi Simbur Naik memiliki banyak potensi yang patut dibanggakan, disamping menyimpan banyak sumber daya alam (SDA), Simbur Naik juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang selalu melahirkan wakil-wakil rakyat yang berkualitas, diantaranya Simbur Naik pernah melahirkan beberapa putra daerahnya untuk menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), baik dikabupaten, provinsi maupun di ibukota. Tidak hanya Anggota DPR, putra daerah Simbur Naik juga pernah terpilih sebagai Wakil Bupati di Tanjung Jabung Timur.

Setelah Amandemen keempat UUD 1945 pada 2002, pemilihan Presiden dan wakil Presiden (pilpres), yang semula dilakukan oleh MPR, disepakati untuk dilakukan langsung oleh rakyat sehingga pilpres pun dimasukkan ke dalam rangkaian pemilu. Pilpres sebagai bagian dari pemilu diadakan pertama kali pada Pemilu 2004.

Pada tahun 2007, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007, pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (pilkada) juga dimasukkan sebagai bagian dari rezim pemilu. Pada umumnya, istilah “pemilu” lebih sering merujuk kepada pemilihan Anggota Legislatif dan Presiden yang diadakan setiap 5 tahun sekali.

Sejak itulah Beberapa putra daerah Simbur Naik merasa terpanggil hati nuraninya untuk mewakili desanya agar dapat mewakili suara masyarakat Simbur Naik pada khususnya dan masyarakat Tanjung Jabung Timur pada umumnya. Beberapa putra daerah Simbur Naik yang pernah memiliki jabatan penting di pemerintahan dan pernah menjabat sebagai Dewan Perwakilan Rakyat diantaranya :

Drs. H. Muhkasim Steering

Drs. H. Muhkasim Steering (kiri)

Bapak Drs. H. Muhkasim Stering sosok pemimpin yang karismatik, bijak dan teguh terhadap pendirian. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, waktu itu beliau diusung dari PDIP.

H. A. Bakri, HM, SE

Dikalangan Wartawan Jambi, Pak H. Bakri sering dipanggil Bang Haji, tapi dikalangan masyarakat Simbur Naik Pak H. Bakri lebih dikenal dengan panggilan H. Bakko’. Bang Haji lahir di Pulau kijang, tapi Bang Haji memiliki banyak keluarga di desa Simbur Naik, bisa dikatakan sudah menjadi warga Simbur Naik. Sekarang Beliau menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019. Sudah 2 periode berturut-turut beliau menjabat sebagai Anggota DPR RI, mulai dari periode 2009-2014, dan sampai saat inipun beliau masih diberi amanat dan masih terpilih lagi menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PAN.

Hj. Yanimar Kasim

Ibu Hj. Yanimar lahir di Palembang, walaupun Ibu Hj. Yanimar bukan kelahiran Desa Simbur Naik, tapi suami Ibu Hj. Yanimar adalah orang Simbur Naik (Muhkasim Steering) yang merupakan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur pada waktu itu. Ibu Hj. Yanimar Pernah menjabat sebagai Anggota DPR Provinsi Jambi periode 2004-2009 dari PDIP.

Amir Syarifuddin, BA (Almarhum)

Semasa Hidupnya sebelum menjadi Anggota DPRD Tanjung Jabung Timur, beliau pernah menjadi kepala desa Simbur Naik beberapa periode, semasa hidupnya menjadi Kepala Desa Simbur Naik, sudah banyak yang dilakukan beliau untuk kemajuan Desa Simbur Naik, dan Simbur Naik mendapatkan beberapa penghargaan dari pemerintah dibawah kepemimpinan beliau menjadi Kepala Desa. Beliau menjabat sebagai Anggota DPRD Tanjung Jabung Timur Periode 2004-2009.

Sulaiman HK

Sulaiman, HK dikenal sebagai sosok pemimpin yang Plamboyan serta santai tapi tegas dalam mengambil keputusan. Putra daerah yang satu ini pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Tanjung Jabung Timur selama 2 periode, yaitu periode 2004-2009 dan periode 2009-2014 dari PAN.

Abdul Malik Hasa, S.Ag

Sebelum menjadi Anggota Dewan, bapak 2 anak ini aktif dibeberapa organisasi Partai dan Paguyuban, dengan berbekal pengalaman berorganisasi yang dimiliki, beliau mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan sampai akhirnya beliau terpilih menjadi Anggota Dewan Tanjabtim. Beliau Pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Tanjung Jabung Timur periode 2004-2009 dari PDIP

Muhammad Nastsir, S.Si

Siapa yang tidak mengenal bapak yang satu ini? semasa menjadi Sekdes Simbur Naik, Bang Nasir dikenal mudah bergaul dengan masyarakat, memahami aspirasi masyarakat, sehingga terpanggil hatinya untuk berbuat lebih banyak terhadap kampung halamannya, sehingga beliau mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan atas dukungan masyarakat Simbur Naik. Dan Sekarang menjabat sebagai Anggota DPRD Tanjung Jabung Timur periode 2014-2019 dari Gerindra.

Muhammad Aris, S.Kom

Muhammad Aris bersama ayah H. Amri
Muhammad Aris bersama ayah H. Amri

Patut kita berbangga karna desa Simbur Naik mempunyai salah satu Anggota DPRD termuda di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Sekarang menjabat sebagai Anggota DPRD Tanjung Jabung Timur periode 2014-2019 dari PAN.

Harapan kita semoga kedepannya tumbuh seribu Wakil Rakyat dari putra daerah Simbur Naik yang berkualitas, amanah, jujur dan bijaksana yang akan mewakili daerahnya/desanya. Dan suatu saat nanti tidak menutup kemungkinan akan ada masanya dari kalian Generasi Muda Simbur Naik yang akan menjadi pemimpin daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Amin.

Jangan lupa berikan komentar